Penerapan Phisical Distancing di Mesjid Sebaiknya Berkoordinasi Dengan MUI

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Edi Purwanto


JAMBI - Pasca diterapkannya tatanan normal baru (New Normal) guna memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Desiase Tahun 2019 (Covid 19) di Provinsi Jambi, Pemerintah Derah (Pemda) hendaknya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Edi Purwanto menilai sejak pemerintah menerapkan new normal di berbagai sektor, ada beberapa relaksaksi (pelonggaran/red) yang belum menjalankan protokol kesehatan.

"Misalnya mohon maaf, kita solat di mesjid. Kan paham sendiri kan, di mesjid-mesjid jarang mesjid yang menerapkan phisical distancing," sebut Edi.

Edi menuturkan, dirinya belum lama ini solat di mesjid di Markas Korem 042 Garuda Putih Jambi, dirinya mengaku jemaah di sana telah menerapkan protokol covid.

"Kemarin saya coba solat di korem, korem bagus tu korem tu, semuanya diatur phisical distancing. Nah, pemahaman ini sebenarnya penting," ujarnya.

Untuk menerapkan phisical distancing di mesjid menurut Edi, pemerintahnya hendaknya harus duduk bersama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) guna menyamakan tafsirnya, sehingga jika diterapkan phisical distancing hukumnya seperti apa.

"Apakah mengurangi pahala kita juga, harus jelas. Sehingga kalau MUI melaksanakan itu, protokol covid di rumah ibadah bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Pantauan media ini, tidak seluruh mesjid di Kota Jambi tidak melaksanakan protokol kesehatan Covid 19. Sejumlah mesjid yang dibuka kembali untuk jemaah solat berjemaah tetap menjalankan protokol kesehatan.

Salah satunya jemaah diimbau untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan membawa peralatan solat sendiri dari rumah, seperti sajadah.

Bahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi telah berupaya meninjau sejumlah mesjid khususnya Mesjid Agung Al Falah, Jambi guna menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Saat itu Walikota Jambi Syarif Fasha dan Wakil Walikota Jambi Maulana turun langsung bersama para pihak terkait ke Mesjid Agung Al Falah, Jambi, guna melihat pelaksanaan penerapan phishical distancing di mesjid tersebut. (ref)

Diberdayakan oleh Blogger.