Pemprov Riau Anggarkan Rp25 Miliar untuk Stimulus UMKM


RIAU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp25 miliar khusus untuk menstimulus sektor UMKM di wilayah setempat. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Balitbang) Provinsi Riau, Ermi Juli Haris mengatakan, stimulus Rp25 miliar tersebut dialokasikan dari kebijakan refocusing anggaran tahun ini. 

"Mulai tahun 2020 ini, Pemprov Riau melalui refocusing anggaran sudah mengalokasikan dana untuk stimulus UMKM sebesar Rp25 miliar. Hanya saja, polanya sedang dikaji oleh dinas terkait bagaimana untuk penyalurannya," kata Ermi, Rabu (22/7/2020) di Gedung Daerah, Pekanbaru.

Lebih lanjut dia katakan, penganggaran untuk stimulus  UMKM ini juga akan dilakukan untuk tahun 2021 mendatang. Apalagi, UMKM merupakan salah satu sektor prioritas dalam percepatan pertumbuhan ekonomi. "Terkait UMKM, memang itu juga menjadi prioritas kita karena memang tema kita dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi.Yang terdampak dengan covid-19 ini kan terutama sektor UMKM kita juga," terangnya.

"Terkait dengan itu, kita contohnya dalam pembangunan pariwisata, yang juga menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan Provinsi Riau pada 2021 mendatang. Kita berupaya mendorong kembali tumbuhnya UMKM yang bergerak di sektor pariwisata. Misalnya Industri kreatif dan sebagainya, di samping program dari Dinas Perindustrian dalam rangka meningkatkan UMKM kita," demikian Ermi. (mcr)


sumber : riauterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.