Pasang dan Surut Nadeo Argawinata, Gagal Beraksi di U-19, Cemerlang di U-22, Kini Kiper Masa Depan Timnas Indonesia


JAKARTA - Nadeo Argawinata mulai menapaki fase baru dalam kariernya, di mana dua kali pemusatan latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tetap memanggilnya untuk mengikuti TC tersebut. Nadeo Argawinata tengah berkembang untuk bisa menjadi pengawal gawang tim Garuda di masa yang akan datang.

Dalam dua pemusatan latihan yang digelar Shin Tae-yong, pada Februari dan Juli hingga Agustus 2020 ini, Nadeo Argawinata bersama Muhammad Riyandi selalu mendapatkan panggilan dari pelatih asal Korea Selatan itu.

Cerita Masa Kecil Bagas Kaffa yang Pernah tak Direstui Orang Tua Menggeluti Sepak Bola
Flashback Dendi Santoso: Gol Pertama di Arema, Tapi Dipermalukan Persiba di Kandang Singo Edan
Cerita Nadeo Argawinata: Impian Berkarier di Luar Negeri dan Pesan untuk Kiper Muda

Pada pemusatan latihan yang pertama, selain Nadeo dan Riyandi, dua kiper lain yang dipanggil adalah langganan Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa, dan kiper muda PSMS Medan, Adi Satrio. Sementara kali ini, Nadeo dan Riyandi dipanggil bersama Rivky Mokodompit dan Miswar Saputra.

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, menangkap bola saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan.

Nama Nadeo Argawinata sebelumnya melesat setelah membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019. Bukan hanya karena kepiawaian mengawal gawang Tim Garuda Muda, tapi Nadeo Argawinata sempat disebut-sebut mirip dengan kiper Chelsea asal Spanyol, Kepa Arrizabalaga.

Memiliki postur tubuh ideal sebagai seorang kiper, tinggi dan langsing, ditopang wajah yang ganteng, membuat Nadeo Argawinata menjadi topik pembicaraan di media sosial kala membela Timnas Indonesia U-22. Penampilan apiknya menyelamatkan gawang tim asuhan Indra Sjafri plus penampilannya yang mirip dengan kiper Chelsea cukup membuat media sosial ramai membahas mengenai dirinya.

Nadeo Argawinata merupakan kiper muda kelahiran Persik Kediri yang sudah berhasil menembus tim nasional ketika masih bermain di SSB Macan Putih. Nadeo mulai menggeluti sepak bola saat masih duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar dengan bergabung bersama SSB Erlangga di Kediri.
Dari SSB Erlangga, bakat Nadeo sebagai kiper kian terasah setelah bergabung dengan SSB Macan Putih.

Peruntungannya mulai terbuka ketika memperkuat tim Kediri di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur.

Nadeo yang saat itu masih berusia 17 tahun terpantau untuk ikut seleksi Timnas Indonesia U-19 yang ditangani Fakhri Husaini untuk kualifikasi Piala AFC U-19 2016 dan Piala AFF U-19 2015. Namun, Timnas Indonesia U-19 tak bisa berlaga menyusul sanksi FIFA buat Indonesia yang jatuh pada 30 Mei 2015.

Hal tersebut yang membuat Timnas Indonesia U-19 tak ada dalam daftar kariernya. Namun, dari tim tersebut Nadeo Argawinata mendapat kesempatan meraih karier profesional. Borneo FC merekrutnya pada 2016 dan bersama Muhammad Ridho menjadi andalan tim berjulukan Pesut Etam.

sumber : bola.com


Diberdayakan oleh Blogger.