Keputusan Shin Tae-yong Memanggil Wajah-wajah Baru dalam TC Timnas Indonesia Dianggap Tepat

Jakarta - Pemusatan latihan Timnas Indonesia dimulai kembali setelah cukup lama vakum akibat wabah virus Corona. Pelatih kepala Shin Tae-yong dijadwalkan memimpin latihan perdana Timnas Indonesia senior maupun U-19 di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Ini merupakan latihan perdana setelah berbulan-bulan hanya mengandalkan program secara virtual. Menariknya, ada sejumlah pemain baru menghiasi daftar skuad yang dipanggil sang pelatih, meski wajah lama masih mendominasi.

Ada beberapa pemain debutan yang berkesempatan membela Timnas Indonesia kali ini. Di antaranya Asep Berlian (Madura United), Kushedya Hari Yudo (Arema FC), Arif Satria (Persebaya), I Kadek Agung (Bali United), hingga Miswar Saputra (PSM Makassar).

Keputusan yang dilakukan Shin Tae-yong dinilai cukup positif. Dia dinilai bisa memanfaatkan momentum kiprah Indonesia yang secara peluang sudah tipis di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Sehingga lebih dapat memaksimalkan persiapan di ajang lain termasuk Piala AFF 2020.

Pengamat Timnas Indonesia asal Solo, Aris Budi Sulistyo, memberikan komentar perihal keputusan Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain baru di pemusatan latihan. Ia memuji keberanian Shin Tae-yong yang memberikan kesempatan emas ini.

"Peluang Indonesia di kelanjutan kualifikasi Piala Dunia kan sudah hampir mustahil dikejar. Mungkin Shin Tae-yong ingin melihat pemain-pemain yang bagus di klubnya, bisa enggak ketika di Timnas Indonesia. Mental yang akan berbicara, untuk itu mereka dipanggil ke Timnas," ujar Aris Budi kepada Bola.com, Jumat (24/7/2020).

Indonesia masih berada di dasar klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari lima laga yang dijalani, belum sekali pun Indonesia meraih poin. Tiga laga tersisa akan dihadapi Timnas Indonesia dengan melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

sumber : blola.com

Menurut mantan pelatih Persik Kediri dan Persis Solo tersebut, Indonesia di bawah Shin Tae-yong akan lebih memikirkan persiapan menghadapi Piala AFF 2020 pada akhir November.

"Apalagi Piala AFF bagi Indonesia kan bergengsi meski tidak masuk kalender FIFA. Positif saya kira yang dilakukan Shin Tae-yong. Sebagai momentum untuk melihat pemain-pemain yang punya potensi namun belum dicoba di Timnas," jelas Aris Budi Sulistyo.

Diberdayakan oleh Blogger.