Bikin Laper! Jajan Nasi Goreng Merah dan Coto Makassar Mantul

nasi goreng merah makassar Foto: Detikfood


Jakarta - Dalam episode Bikin Laper kali ini Ncess Nabati dan Fahmi memanjakan lidah dengan sajian khas Makassar. Ada nasi goreng merah, mie bakar siram dan coto Makassar. Endol surendol!
Petualangan kuliner Ncess Nabati dan Fahmi membawa pemirsa Bikin Laper menjajal lezatnya kuliner ala Makassar. Ada mie bakar siram seafood, nasi goreng merah hingga sop konro yang maknyuss. Lidah tak bisa berhenti bergoyang saat melahap makanan dari negeri Daeng ini.

bikin laper
Semua makanan ini tersaji di Muse Resto Authentic Makassar yang ada di bilangan Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan. Ncess Nabati dan Fahmi tak mau buang waktu, menu pertama yang mereka cicipi adalah nasi goreng merah khas Makassar. Nasi goreng ini juga dikenal dengan sebutan nasi goreng saus tomat.

Warna merah pada nasi goreng ini berasal dari saus tomat yang dimasak selama 8 jam sehingga warna merahnya menyala. Selain itu nasi goreng juga dilengkapi dengan aneka seafood dan bakso ikan. Pelengkapnya ada telur mata sapi yang digoreng setengah matang, telur ini bikin Ncess Nabati ketagihan.

Menu selanjutnya yang dicoba yakni mie bakar siram seafood. Untuk membuat hidangan ini, mie kuning khas Makassar harus ditumis lebih dulu dengan bumbu bawang putih kemudian dibakar di atas wajan selama 10 menit. Mie bakar disajikan dengan kuah seafood yang kental.

Isian kuahnya antara lain aneka seafood, sayuran, bakso ikan dan telur. Untuk membuat kuahnya kental, ditambahkan larutan tepung sagu. Penyajiannya dengan taburan bakso goreng.

bikin laperbikin laper Foto: bikin laper
Menu satu ini juga tak kalah endol surendol. Ncess Nabati dan Fahmi bahkan tak bisa berhenti ngunyah. Apalagi setelah ditambah sambal dan perasan jeruk nipis.

Terakhir menu yang dicoba adalah coto Makassar. Olahan sup daging berkuah kental ini disajikan dengan potongan buras yang lembut. Ncess Nabati tak bisa berhenti ngunyah dan terus memuji enaknya coto Makassar ini. Apalagi ia sangat doyan sambal kacang ala Makassar yang diracik dengan tambahan kacang tanah dan tauco.

Penasaran dengan keseruan kulineran mereka? Jangan lupa nonton Bikin Laper yang tayang di Trans TV setiap hari pukul 17.00. Dijamin bikin perut laper terus! (dvs/odi)

sumber : detik.com

Diberdayakan oleh Blogger.