Vaksin Covid-19 Siap Pada Bulan September

JAKARTA - Para ilmuwan di seluruh dunia berlomba melawan waktu untuk mengembangkan vaksin untuk virus corona baru yang telah membunuh lebih dari 100.000 orang dan menginfeksi lebih dari 1,7 juta di seluruh dunia. WHO mengatakan tiga kandidat vaksin sedang dalam tahap uji klinis, sementara 67 potensi berada dalam fase praklinis.

Di beberapa negara yang paling parah terkena dampak seperti Cina dan Italia, kurva infeksi dan kematian telah mendatar dalam beberapa hari terakhir, tetapi para ahli tetap memperingatkan risiko gelombang baru wabah yang akan segera terjadi jika tanpa tersedianya vaksin.

Tetapi pengembangan vaksin yang dipercepat tetap merupakan proses yang panjang, seringkali memakan waktu bertahun-tahun, dengan banyak kendala ilmiah, meskipun ada upaya internasional yang serius dan terkoordinasi oleh laboratorium, perusahaan swasta dan pemerintah.

Para ahli mengatakan bahwa vaksin untuk virus corona baru, SARS-CoV-2, dapat memakan waktu setidaknya satu hingga satu setengah tahun untuk terbukti aman, efektif dan tersedia secara luas dipasaran dunia.

Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan tiga kandidat vaksin sedang dalam tahap uji klinis, yang berarti mereka dapat diuji pada manusia, sementara 67 vaksin potensial berada dalam fase praklinis.

Di sinilah dunia berdiri di atas vaksin untuk coronavirus baru:


Ilmu
Vaksin bekerja dengan menghadirkan molekul tertentu, juga dikenal sebagai antigen patogen (virus), ke sistem kekebalan tubuh manusia, Dr Sara Kayat menjelaskan dalam Catatan Dokter seperti dilansir Al Jazeera, Minggu (12/4/2020).

Antigen ini pada dasarnya dalam bentuk lemah atau tidak aktif, sehingga mereka tidak dapat benar-benar menyebabkan penyakit. Namun, sistem kekebalan tubuh kita mampu mengenali antigen sebagai penyerbu asing yang tidak diinginkan, dan dengan demikian membentuk antibodi yang menolak patogen jika mencoba menginfeksi Anda di masa depan.

Banyak vaksin potensial sedang dikembangkan, termasuk salah satu dari tiga yang menurut WHO dalam tahap uji klinis, menggunakan pendekatan yang lebih tradisional ini.

Ilmu pengetahuan yang lebih baru juga digunakan untuk membuat vaksin dari kode genetik yang disalin dari virus, yang dibuat di laboratorium. Setidaknya dua vaksin potensial yang dibuat dengan cara ini saat ini sedang diuji pada manusia. Namun, belum ada vaksin yang dibuat dalam mode novel ini yang telah disetujui untuk penyakit apa pun.


Linimasa
Para ilmuwan memiliki sedikit permulaan dalam menciptakan vaksin untuk virus yang menyebabkan COVID-19, menurut Dr. Kayat.

Karena sekuensing genom dari coronavirus baru yang disediakan oleh para ilmuwan di Cina, para ilmuwan tahu itu berbagi 79 persen dari materi genetik yang sama dengan SARS, dan 50 persen dari materi yang sama dengan MERS. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan dasar yang sudah dibuat dalam penelitian untuk vaksin untuk virus-virus tersebut.

Pengujian vaksin biasanya dimulai dengan pengujian pada hewan, meskipun setidaknya satu pengembang vaksin coronavirus telah melewatkan langkah ini dan langsung beralih ke pengujian manusia, dan yang lain telah melakukan pengujian manusia dan hewan secara paralel.

Pengujian manusia biasanya terdiri dari tiga fase. Uji coba fase satu berskala kecil, biasanya melibatkan sekitar 100 peserta, untuk menilai apakah vaksin itu aman untuk manusia. Percobaan fase dua sering melibatkan beberapa ratus subjek, dan terutama mengevaluasi kemanjuran vaksin terhadap penyakit. Fase ini dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Fase terakhir adalah pada skala yang bahkan lebih besar dari ribuan orang, seringkali di beberapa fasilitas medis, untuk menilai lebih lanjut kemanjuran vaksin selama periode waktu tertentu. Fase ini dapat berlangsung beberapa tahun.

Bulan lalu, Mike Ryan, direktur eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, mengatakan vaksin untuk coronavirus "setidaknya satu tahun lagi".

Namun, Sarah Gilbert, seorang profesor vaksinologi di Universitas Oxford yang mengepalai tim Inggris mengembangkan vaksin, mengatakan kepada Times pada hari Sabtu bahwa dia "80 persen percaya diri" vaksin mereka bisa efektif dan siap pada bulan September - memotong perkiraan waktu turun sampai enam bulan.

Gilbert mengatakan kepada surat kabar itu bahwa percobaan manusia untuk vaksin timnya akan dimulai sekitar dua minggu.

Dia menambahkan dia bekerja dengan pemerintah Inggris untuk membuat rencana yang mungkin untuk memulai produksi sebelum vaksin selesai, yang dapat memungkinkan masyarakat untuk mengakses vaksin segera setelah terbukti efektif.

Pengujian manusia
Di Australia, agensi sains nasional mengumumkan pada awal April bahwa mereka telah mulai menguji vaksin Universitas Oxford tentang ferret. Ini adalah vaksin berbasis vektor yang menggunakan jenis virus yang rusak.

Uji coba manusia telah dimulai untuk setidaknya dua vaksin potensial. Jennifer Haller, 43, jatuh dengan jarum pada 16 Maret di Seattle, negara bagian Washington, menjadi manusia pertama di dunia yang diberikan vaksin potensial untuk virus corona baru.

Vaksin itu, diberi nama kode mRNA-1273, dikembangkan oleh US National Institute of Health (NIH) dan perusahaan bioteknologi yang berbasis di Massachusetts, Moderna Inc.

Pada awal April, Inovio Pharmaceuticals, perusahaan lain yang berbasis di AS, mulai menguji vaksin serupa, yang diberi nama kode INO-4800, pada peserta manusia di Philadelphia dan Kansas City, Missouri. Perusahaan yang berbasis di Pennsylvania ini juga bekerja sama dengan para peneliti Cina untuk segera memulai studi serupa di negara itu.

Di Cina, vaksin potensial yang dibuat oleh CanSino Biological Inc bersama dengan Beijing Institute of Biotechnology juga dalam tahap uji klinis, menurut lanskap DRAFT WHO  dari vaksin kandidat COVID-19 .

Vaksin potensial ini adalah vaksin vektor non-replikasi, yang dapat dikembangkan baik dengan menggunakan virus yang dibunuh atau bagian dari virus yang akan memicu sistem kekebalan untuk membuat antibodi, yang akan melawan penyakit jika dikontrak dalam masa depan. (hermansyah)

sumber : harianterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.