Tim Gugus Tugas Cek 6 Titik Pintu Masuk Jambi

JAMBI - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi melakukan pemeriksaan dan pengecekan suhu tubuh warga dari luar daerah yang akan masuk ke Provinsi Jambi dengan sistem berlapis.

Tim melakukan pengecekan pada 6 titik pintu masuk Provinsi Jambi baik lewat laut, darat dan udara guna mengidentifikasi warga yang datang dan pergi untuk memastikan jika ada yang terjangkit virus corona.

"Adapun personil yang dilibatkan ini relatif berbeda-beda sesuai dengan karakteristik-nya. Jadi kita memonitor semua titik masuk dengan sistem berlapis," terang Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi di Jambi, Rabu (01/04/20)

Kepala Polisi Jambi ini mengatakan, pengecekan dilakukan ditingkat provinsi, karena Provinsi Jambi berbatasan dengan provinsi lain.

Nanti di kabupaten dan kota juga akan ada pemeriksaan yang sama, agar mereka yang masuk dapat teridentifikasi. "Tapi sekali lagi, pesan kita kepada masyarakat, di rumah saja," katanya.

Dengan berada di rumah menurut kapolda, masyarakat juga ikut membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Sedangkan pihaknya terus membantu sepenuhnya gugus tugas tingkat kabupaten dan kota mencegah penularan penyakit Covid 19 dengan melakukan patroli rutin untuk memastikan kondisi masyarakat.

"Sekali lagi kami minta bantuan masyarakat untuk mematuhi dan kami memohon maaf jika pemeriksaan ini menyita waktu. Mohon kesabaran karena saat ini kita lagi dituntut tentang kepedulian," imbuhnya.

Terkait dengan budaya mudik pada hari raya, warga akan tetap dilakukan pemeriksaan seuai standar operasional prosedur (SOP) yang sama. "Ya sebenarnya ini sama, karena ini masalah karantina kesehatan," ujarnya.

Secara terpisah, di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar) Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 juga melakukan pemeriksaan warga pendatang di Pelabuhan Roro, Kualatungkal.

Pada hari ini, Rabu 1 April 2020, tim gugus tugas memeriksa 150 penumpang dan 19 anak buah kapal (ABK) KMP Tandemand yang baru tiba dari Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Tanjabar Taharudin mengatakan, dari hasil pemeriksaan seluruh penumpang dan ABK kapal tersebut dalam kondisi baik.

Namun ada satu orang diduga Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia. Diduga TKI tersebut ialah pria muda berusia 27 tahun warga Provinsi Riau.

Diduga TKI ini mengaku kepada tim gugus tugas bahwa, setelah dari Malaysia, dirinya pernah mampir ke tempat keluarganya di Batam. "Waktu di Malaysia dia 28 hari dan di Batam hanya sehari semalam," ujar Taharuddin.

Berdasarkan hasil pemeriksaan pria itu dinyatakan sehat. Tidak ada keluhan batuk, tidak pilek, tidak sakit tenggorokan dan tidak dalam keadaan demam. Namun dia harus melakukan pemeriksaan mandiri ke puskesmas selama 14 hari terhitung mulai 1 April 2020, demikian Taharuddin. (ref/ita)

Diberdayakan oleh Blogger.