Sigap Atasi Pandemi Covid-19, Buleleng Gelar Rapid Test Massal

BULELENG - Guna memerangi Covid-19, sejumlah daerah di Indonesia telah menyelenggarakan rapid test massal dan kali ini disusul oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng.

Pemkab Buleleng memberikan instruksi kepada tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, untuk melaksanakan rapid test massal terhadap warga yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Hingga Selasa (29/4), tercatat 2.675 orang telah menjalani test.

Test tersebut di antaranya ditujukan ke sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI). Tercatat 1.186 orang yang sudah 30 hari pulang dari luar negeri atau masih menjalani masa karantina 14 hari, sisanya berlatar belakang PMI sebanyak 1.489 orang.

Menanggapi hal itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berharap pelaksanaan test massal ini merupakan langkah yang tepat untuk memberantas penyebaran Covid-19. “Kami akan melakukan yang terbaik untuk masyarakat Buleleng,” ujarnya pada Kamis (30/4/2020).

Disamping itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa mengatakan, rapid test massal ini sudah sesuai kesepakatan pada Jumat (24/4). “Rapid test dilakukan tim medis masing-masing puskemas,” ucapnya.

Suyasa menambahkan bahwa timnya juga mendatangi lokasi karantina bagi PMI di Kota Singaraja maupun desa-desa. “Dari pelaksanaan test cepat itu, gugus tugas mendapatkan data yang menunjukkan sampel darah milik peserta rapid test dikategorikan positif,” tuturnya.

Suyasa menjelaskan, dari hasil test terdapat 20 sampel darah yang positif terinfeksi COVID-19 dan mereka sudah dilakukan karantina di Rumah Sakit Pratama (RSP) Giri Emas, Kecamatan Sawan. “Sesuai protokol kesehatan, tim medis akan melakukan tes swab PCR. Kalau 2 kali hasil tes swab negatif, yang bersangkutan akan diizinkan pulang,” jelasnya.

Menurut Suyasa, sejak melaksanakan rapid test masal, kesadaran warga khususnya PMI untuk melakukan rapid test semakin meningkat. Sehingga membutuhkan alat rapid test dengan jumlah yang banyak.

“Belakangan ini memang ada mengeluh sulit mendapat rapid test, kami persilahkan mencari ke puskemas, karena persediaannya sudah ditambah dan kalau tidak dapat, di Diskes juga sudah disiapkan stok rapid test yang memadai,” jelasnya. (romi)


sumber : harianterbit.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.