Dalam Sepekan Terakhir, Jumlah ODP Covid 19 di Jambi Menurun



JAMBI - Berdasarkan perhitungan data keseluruhan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) suspect virus corona di Jambi menurun.

Per 4 April 2020 jumlah ODP sebanyak 1062. Angka itu lebih rendah dari sebelumnya Jumat 3 April 2020 yang mencapai 1087 orang.

"Penurunan jumlah ODP ini karena terjadi penurunan jumlah ODP di beberapa kabupaten ," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Johansyah menerangkan.

Adapun kabupaten yang jumlah ODP mengalami penurunan ialah, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo dan Kabupaten Kerinci.

Kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami penurunan karena pasien di Rumah Sakit Umum H.A Thalip Kota Sungaipenuh negattf dan telah dipulangkan.

Hingga saat ini Minggu (05/04/20) jumlah pasien Positif Covid 19 di Provinsi Jambi sebanyak 2 orang. Sedangkan PDP 6 orang dan uji swab ada 3 orang.

ODP terbanyak terdapat di Kota Jambi jumlahnya mencapai 435 orang. Paling sedikit di Kabupaten Sarolangun hanya 5 orang.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kota se Provinsi Jambi terus bersinergi melakukan penanganan penyebaran virus corona dengan melakukan berbagai upaya seperti penyemprotan disinfektan di sejumlah fasiltas publik.

Kemudian membagikan masker kepada masyarakat, melakukan sosialisasi tentang bahaya virus corona serta menyalurkan alat pelindung diri (APD) kepada para medis di rumah sakit.

Upaya lain yakni terus melakukan pemeriksaan kesehatan warga dari luar daerah di perbatasan Jambi - Sumatra Selatan (Sumsel) pada posko tim gugus tugas.

Hal yang sama juga dilakukan di Bandara Sulthan Thaha Saipuddin Jambi. Disini tum gugus tugas provinsi bersinergi dengan tim gugus tugas dari Pemerintah Kota Jambi.

Sementara itu, warga dari luar daerah yang masuk lewat jalur perairan juga di lakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan di kawasan Pelabuhan Roro, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar).

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanaganan Covid 19 Kabupaten Tanjabar, Taharuddin.

"Saya mengimbau kepada warga Tanjabar untuk tetap di rumah dan menajalankan pola hidup sehat," pungkasnya, (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.