Jumlah ODP Covid 19 di Jambi Tembus 783 Orang

Juru Bicara Penanganan Covid 19 Provinsi Jambi, Johansyah. foto hms


JAMBI  - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid 19 di Provinsi Jambi Pada 26 Maret 2020 mencapai 783 orang. Jumlah tersebut tersebar di 8 kabupaten dan 2 kota dalam Provinsi Jambi.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Jambi Johansyah, lewat video konfrens di Jambi, Kamis (26/03/20).

Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini adalah sebanyak 21 orang.

Setelah dilakukan uji laboratorium, satu orang telah dinyatakan positif terjangkit Covid 19, sebanyak 9 orang dinyatakan negatif (tidak terjangkit Covid 19) dan 11 orang lainnya masih menunggu hasil uji laboratorium.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi yang diterima Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Jambi, jumlah ODP terbanyak adalah kabupaten Sarolangun sebanyak 242 orang dan paling sedikit Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar) hanya 3 orang.

Dengan meningkatnya jumlah ODP secara signifikan setelah masuknya laporan dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi maka, sejauh ini tim gugus tugas khususnya di Jambi terus berupaya maksimal melakukan pencegahan penyebaran Covid 19.

Adapun yang dilakukan hari ini 26 Maret 2020 ialah penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas publik menggunakan mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi.

Kemudian Johansyah menambahkan, gugus tugas juga telah mengambil langkah alternatif jika ruang isolasi di rumah sakit telah penuh.

Saat ini telah diusulkan dua tempat yakni Rumah Sakit Budi Graha di Kecamatan Jambitimur, Kota Jambi. Atau di sebuah lokasi di Kecamatan Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi. "Ini telah kita survey dan akan kita bahas dalam rapat tim gugus tugas," kata Johansyah.

Namun seiring jalan ada alternatif lain, rupanya Gedung Kantor Lembaga Pemantau Mutu Pendidikan (LPMP) di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, sudah bersedia untuk dijadikan ruang isolasi.

Disana telah disiapkan 100 ruangan dengan kapasitas 200 tempat tidur. "Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat apabila ada lonjakan pasien," harap Johansyah. (ref)

Ini Data Sebaran Covid 19 di Provinsi Jambi

Kota

Kota Jambi => ODP 258 : PDP 11
Kota Sungaipenuh = > ODP 5 : PDP 0


Kabupaten

1. Kabupaten Muarojambi = > ODP 86 : PDP 2
2. Kabupaten Batanghari = > ODP 52 : PDP 0
3. Kabupaten Tanjabar => ODP 3 : PDP 2
4. Kabupaten Tanjabtim => ODP 6 : PDP 1
5. Kabupaten Sarolangun = > ODP 242 : PDP 0
6. Kabupaten Merangin = > ODP 3 : PDP 0
7 Kabupaten Bungo => ODP 18 : PDP 1
8. Kabupaten Tebo = > ODP 92 : PDP 1
9. Kabupaten Kerinci => ODP 18 : PDP 3

Sumber data : Gugus Tugas Covid 19 Provinsi Jambi/ Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, 26 Maret 2020

sumber berita : beritaterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.