Bebalung dan Pelecing Kangkung Khas Lombok

foto istimewa
JAMBITERBIT.COM, LOMBOK - Makanan dari pulau Lombok yang pedas menyegarkan bisa menambah semangat. Dibuat dari bahan segar pastinya rasanya sedap dan nikmat.

Kejenuhan menyantap makanan yang itu-itu saja bisa And aatasi dengan selingan menu enak dari berbagai daerah. Seperti Bebalung, sup iga sapi berbumbu gurih enak dimakan hangat. Lebih berbumbu daripada sup iga biasa.

Lalu ada juga Ayam Taliwang yang tersohor dengan gigitan rasa pedasnya. Dibuat dari ayam kampung pastinya gurih enak rasanya. Dinikmati dengan tangan bersama nasi hangat dijamin makan jadi makin nikmat.

Kangkung yang sederhana bisa menjadi sajian menarik selera. Hanya ditambah sambal dengan tomat segar rasa segar kangkung makin terasa. Apalagi ditambah taburan kacang tanah goreng.

Pilihan resep-resep menyegarkan khas pulau Lombok dari detikfood ini bisa jadi alternatif menu keluarga. Rasa sedap alami hidangan Lombok tak ada duanya. Mau coba resep yang mana dulu?

1. Bebalung

Iga sapi lokal yang direbus perlahan dengan bumbu hingga empuk jadi sajian spesial khas Lombok. Tak banyak orang tahu jika Lombok punya sajian daging sapi yang sedap. Makin enak jika disantap selagi hangat.

Untuk iga sapi pilih yang short rib, sapi lokal yang tak terlalu berlemak. Minta tukang daging memotong-motong 3-4 cm. Cuci bersih hingga bekas darah dan kotorannya larut lalu tiriskan hingga kering airnya.

Uniknya sup iga sapi ini memakai campuran daun kedondong atau daun asam Jawa. Kedua daun ini akan memberi aksen segar dan membantu mengempukkan daging. Rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

2. Pelecing Kangkung

Kangkung Lombok biasanya ditanam di tepian sawah. Ukurannya besar dengan daun yang lebar dan tebal. Kangkung ini enak direbus dengan cocolan sambal. Teksturnya renyah dan segar rasanya.

Siangi kangkung, potong atau petiki daunnya dan batangnya yang muda sepanjang 3 cm. Jika besar batangnya, belah jadi dua. Cuci bersih di bawah air mengalir. Kemudian tiriskan. Rebus dalam air mendidih yang dibubuhi garam hingga hampir lunak. Tiriskan dan rendam segera dalam air es hingga dingin dan tiriskan.

Sambal pelengkap pelecing ini hanya terbuat dari cabai merah, garam, terasi dan garam. Tuangkan sambal ke atas kangkung rebus dan taburi dengan kacang tanah. Ikuti cara membuat plecing kangkung di resep ini.tannya.

sumber : detik.com
Diberdayakan oleh Blogger.