Muhammadiyah Diharapkan Bersemangat Membangun Tatanan Sosial dan Pendidikan Masyarakat

 Pada acara pelantikan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi

JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Pelantikan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Jambi Periode 2019-2023 berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (8/3/20) malam.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Jambi Ir. Agus Sunaryo mengharapkan kepada kepengurusan Pemuda Muhammadiyah yang dipercaya untuk mengemban amanah menjalankan roda organisasi bukan sebatas formalitas pencantuman nama pada struktur kepengurusan tetapi lebih dari itu mampu berkontribusi, berinovasi dan memberikan ide cemerlang untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata di Provinsi Jambi,"Gerakan Muhammadiyah berdiri dengan semangat membangun tatanan sosial dan pendidikan masyarakat yang lebih maju dan menampilkan ajaran Islam bukan sekedar agama yang bersifat pribadi dan statis tetapi dinamis dan berkedudukan sebagai sistem kehidupan manusia dalam segala aspeknya," ujar Asisten II.

Harapan yang disampaikan Asisten II Setda Provinsi Jambi kepada kepengurusan Pemuda Muhammadiyah atas pelantikan tersebut bertekad dengan penuh keikhlasan dan keberanian untuk bertanggung jawab dalam mendukung dan meningkatkan kinerja organisasi serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Provinsi Jambi,"Saudara-saudara yang dilantik bertekad dengan keikhlasan dan keberanian untuk bertanggung jawab dalam mendukung dan meningkatkan kinerja organisasi, laksanakan dan jalankanlah amanah yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya," harap Asisten II.

Sejarah perkembangan organisasi Muhammadiyah selain mengemban misi dakwah juga telah memfokuskan kegiatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui jalur pendidikan, pelayanan kesehatan maupun kegiatan sosial lainnya,"Muhammadiyah bukanlah organisasi yang eksklusif dan hanya mengakomodir kelompok tertentu saja tetapi berkembang menjadi organisasi terbuka yang berasal dari beragam etnis, profesi dan strata sosial," jelas Ir. Agus Sunaryo. 

Menurut Asisten II Setda Pemerintah Provinsi Jambi  menjelaskan kondisi umat Islam Provinsi Jambi dapat hidup rukun dan damai sesama muslim maupun dengan pemeluk agama lainnya dari 3,5 juta jiwa penduduk yang mayoritasnya adalah 95,5% umat muslim mampu bertoleransi dengan pemeluk agama lain dan memberikan ruang bagi mereka untuk menjalankan syariat agamanya masing-masing,"Toleransi yang tumbuh ditengah masyarakat mengindikasikan terbentuknya persatuan dan kesatuan masyarakat di Provinsi Jambi," kata Asisten II.

Persatuan dan kesatuan umat merupakan prasyarat untuk melaksanakan pembangunan yang optimal dengan tidak mengedepankan perbedaan atau sibuk untuk saling menyalahkan,"Perbedaan khilafiyah hendaknya kita maknai sebagai sifat manusiawi yang memiliki pemikiran dan pandangan yang berbeda terhadap sebuah kondisi," tegas Ir.Agus Sunaryo.

Pemerintah Provinsi Jambi berupaya dalam pembentukan insan yang beriman dan bertakwa serta bersinergi dengan semua lembaga keagamaan untuk mewujudkan masyarakat Muttaqin.

Sebelumnya Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi Agus Setiono menyampaikan organisasi Muhammadiyah sebagai Organisasi Otonom yang berjuang dijalan dakwah, pendidikan dan kesehatan,"Muhammadiyah tidak anti politik namun Muhammadiyah mengedepankan dakwah sesuai harapan pendiri Alm. K.H.Ahmad Dahlan Hidup Hidupilah Muhammadiyah bukan Mencari Hidup di Muhammadiyah," ungkap Agus Setiono.

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jambi Periode 2019-2023 Ketua Heri Kusnadi.

Terlihat hadir Anggota DPR RI H.Bakri, Anggota DPD RI Ria Mayang Sari serta para tamu dan undangan lainnya.
Penulis :Raihan
Foto     : Roni

Diberdayakan oleh Blogger.