Masih Banyak Ditemukan Masalah Pada Sektor UMKM


Para pedagang di Pasar Jambi. foto jambiterbit.com

JAMBITERBIT.COM. JAMBI - Ketua Komite IV DPD RI Hj. Elviana mengatakan sejauh ini masih ditemukan banyak masalah pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), karena itu perlu dicarikan jalan keluarnya.

Pernyataan itu diugkapkan Elviana saat sambutanya yang dibacakan Asisten II Setda Provinsi Jambi, Agus Sunaryo pada Rapat Komite IV DPD RI dalam rangka Pengawasan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang UMKM di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (11/02/20).

Tugas Komite IV DPD RI menurut Ekviana, salah satunya sebagai pengawas dibidang UMKM.

"Masih banyak masalah yang kita temukan pada UMKM diantaranya banyak UMKM yang belum memiliki lembaga formal, kurang inovasi produk, kurang tenaga pendamping, dan terkendala akses modal," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Fahcrori Umar mengajak Komite IV DPD RI untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, dan semua pemangku kepentingan dalam mengembangkan UMKM.

Saat ini menurut gubernur, pertumbuhan ekonmi di provinsi Jambi masih didominasi sektor primer; sektor perkebunan dan sektor pertambangan yang memberikan kontribusi hampir 50 persen.

Sehingga tidak mengherankan jika geliat pertumbuhan ekonomi di daerah sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga komoditi kelapa sawit, karet dan batu bara. (jambiterbit/ref)

editor : rizal ependi

Diberdayakan oleh Blogger.