Fahcrori : Profer Dorong Perusahaan Lakukan Inovasi


JAMBITERBIT.COM, JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, mengemukakan, Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) lebih mendorong perusahaan dalam melakukan inovasi inovasi pengelolaan lingkungan sekitar. “Perusahaan juga bisa merasakan penghematan biaya yang dikeluarkan untuk pengendalian lingkungan atas kegiatan perusahaan,” ujar Fachrori. Hal tersebut dikemukakan Fachrori pada Penyerahan Sertifikat Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Periode Tahun 2018-2019, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (24/02).
Fachrori menuturkan, Proper sendiri bertujuan agar industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, efisiensi air, penurunan beban air limbah dan pengurangan emisi. Kriteria penilaian juga diukur  dari perlindungan keanekaragaman hayati, 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle), limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan limbah padat non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.
“Saya mengharapkan melalui Proper ini, industri di Provinsi Jambi lebih taat kepada peraturan lingkungan hidup. Ketaatan dalam pengelolaan lingkungan sangat penting dilakukan oleh semua perusahaan, karena selain memberikan efisiensi, juga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi konsumen mereka,” tutur Fachrori.
Fachrori memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan yang mendapat peringkat Proper emas, hijau dan biru, khsususnya untuk PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi yang telah memperoleh peringkat Proper emas, dan mengharapkan prestasi ini bisa terus dipertahankan, serta menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.
“Bagi perusahaan yang mendapat peringkat Proper hijau dan biru untuk berusaha lebih baik lagi agar memperoleh penilaian yang lebih baik kedepannya, sedangkan bagi perusahaan yang mendapatkan penilaian Proper merah untuk belajar dari kelemahan dan kekurangan saat ini, sehingga penilaian kedepannya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,” kata Fachrori.
Manager PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi, Gondo Irawan mengucapkan terima kasih kepada tim penilai, sehingga PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi mendapatkan kategori emas pada Proper Tahun 2018-2019. Proper sendiri merupakan bentuk kepatuhan dari perusahaan terkait dengan aturan dan kepedulian lingkungan.
“Proper juga merupakan bentuk keikutsertaan kami dalam responsibility social di wilayah operasional kerja masing masing perusahaan. Untuk PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi sudah mendapatkan 10 kali kategori Proper hijau, 4 kali kandidat kategori Proper Emas dan Alhamdulillah untuk Tahun 2018-2019 berhasil mendapatkan kategori Proper Emas untuk pertama kalinya,” ungkap Gondo.
Gondo menjelaskan, untuk Proper Tahun 2018-2019 PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi mengambil tema besar “Tanah Pusako Hijau Berdayo,” yang artinya Pertamina memberdayakan masyarakat Provinsi Jambi dengan tetap berkomitmen pada lingkungan di Provinsi Jambi. Ada 4 program dari Pertamina untuk Proper yaitu, Kampung Bersinar, Kampung Berseri, Kampung Edukasi dan Kampung Budaya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Evy Primawaty,S.Pt.,M.Si melaporkan, penghargaan Proper untuk dunia usaha merupakan agenda tahunan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Pada periode 2018-2019 ini, ada sebanyak 60 perusahaan di Provinsi Jambi yang mendaftarkan untuk mendapatkan penilaian Proper dan banyak terdapat perubahan dari perusahaan yang mendaftar.
“Penilaian Proper pada tahun ini sudah menerapkan teknologi informasi dengan singkatan Simpel (Sistem Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup) yang telah menggantikan proses pengumpulan analisa data dan penyusunan hasil evaluasi peringkat perusahaan yang sebelumnya dilakukan secara manual, sehingga Simpel ini lebih memudahkan perusahaan dalam melaporkan dan mengelola data data lingkungannya,” terang Evy.
Evy mengungkapkan, selain mengelola data pencemaran yang berasal dari industri industri, Proper juga mendokumentasikan berbagai inovasi pada dunia usaha untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi, efisensi penggunaa air, upaya menurunkan emisi, menurunkan beban pencemaran air limbah dengan menerapkan konsep 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle).
 Adapun peringkat Proper Tahun 2018-2019 sebagai berikut:
1. Kategori Emas ada 1 perusahaan yaitu, PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi
2. Kategori Hijau ada 3 perusahaan yaitu, PT. Pertamina Persero Marketing Operation Region II Depot Pengisian Pesawat Udara Sultan Thaha Jambi, Petrochina International Jabung Ltd Gas Tanjung Jabung Barat, dan Petrochina International Jabung Ltd Minyak Tanjung Jabung Timur
3. Kategori Biru ada 43 perusahaan
4. Kategori Merah ada 11 perusahaan
  Penulis : Richi
Foto      :  Adi Putra
Diberdayakan oleh Blogger.