Banjir di Tujuh Desa di Sarolangun Mencapai 2 Meter

Sebagian kawasan pemukiman warga yang tergenang banjir. foto yunus


JAMBITERBIT.COM, SAROLANGUN - Setidaknya tujuh desa di dua kecamatan di Kabupaten Sarolangun, Jambi terendam banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan pada awal 2020.

"Ketinggian air ada yang mencapai sebatas bahu orang dewasa sekira satu setengah hingga dua meter," terang Anggota Badan Nasonal Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Kabupaten Sarolangun, Yusuf di Sarolangun, Senin (3/1).

Tujuh desa yang terendam banjir di Kecamatan Pelawan dan Kecamatan Limun tersebut ialah Desa Muaro Limun, Desa Pulau Pandan, Desa Lubuk Bedorong, Desa Tanjung Putus, Desa Pancak, Desa Limun dan Desa Lubuk Sayak.

"Bahkan ketinggian air disebagian pemukiman warga ada yang mencapai hingga 2 meter," terangnya.

Banjir tersebut menurut Yusuf, menyebabkan arus lalulintas dari dua kecamatan menuju Kecamatan Batangasai, Kabupaten Sarolangun lumpuh total. Karena jalan penghubung tergenang air.

"Kita menghimbau jika masyarakat yang akan lewat dengan menerobos lokasi banjir, agar selalu berhati-hati," ujarnya.

Guna mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan tambah Yusuf, pihak BNPBD Kabupaten Sarolangun telah mengerahkan tim reaksi cepat (TRC) untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

TRC dilengkapi dengan perlengkapan berupa dua perahu karet dan perahu piber.

"Kita juga telah menjemput warga yang terjebak banjir untuk dibawa ke lokasi yang dinilai aman," pungkasnya. (kontributor/yunus)

editor : rizalependi
Diberdayakan oleh Blogger.