Moon Optimis Perundingan AS-Korut Berlanjut

Istimewa
JAMBITERBIT.COM, DUNIA - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah menyatakan optimisme baru tentang perundingan yang sebelumnya menemui jalan buntu antara Amerika Serikat dan Korea Utara, dengan mengutip ucapan selamat ulang tahun yang baru-baru ini dikirimkan Donald Trump kepada pemimpin Pyongyang Kim Jong-un.

"Beberapa khawatir tentang putaran baru provokasi tepat pada waktunya untuk ulang tahun Ketua Kim," kata Presiden Moon dalam konferensi pers pada hari Selasa (14/1/2020), merujuk pada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. "Sebaliknya, Presiden Trump mengiriminya ucapan selamat ulang tahun untuk menekankan kesediaannya untuk berbicara. Itu adalah ide yang sangat bagus," tambahnya.

Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan Jumat lalu bahwa Trump telah meminta Seoul untuk menyampaikan salam ulang tahun ke Korea Utara.

Pyongyang, bagaimanapun, mengatakan pada Sabtu lalu bahwa mereka telah secara langsung menerima surat dari Trump. Dalam sebuah pernyataan, Korea Utara juga menyebut bahwa Korea Utara tidak akan kembali ke meja perundingan dengan Washington semata-mata karena "hubungan baik" antara Kim dan Trump.

"Kami telah ditipu oleh Amerika Serikat, terperangkap dalam dialog dengannya selama lebih dari satu setengah tahun, dan itu adalah waktu yang hilang bagi kami," kata pernyataan itu.

Meski demikian, Presiden Korea Selatan yang merujuk tanggapan itu berpendapat bahwa Pyongyang belum sepenuhnya menutup pintu untuk pembicaraan dengan Washington. "Korea Utara menegaskan bahwa pintu dialog tidak ditutup dengan mengatakan bahwa mereka akan kembali ke perundingan hanya ketika tuntutan mereka diterima," kata Moon.

"Pembicaraan AS-Korut tidak aktif saat ini, tapi saya akan mengatakan kedua pemimpin yakni Presiden Trump dan Ketua Kim, terus saling percaya dan melanjutkan upaya mereka," katanya.
Sementara itu, penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Robert O'Brien membenarkan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan hari Minggu oleh Axios, bahwa Washington telah menjangkau Korea Utara untuk melanjutkan pembicaraan. (harianterbit/hermansyah)

sumber : harianterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.