Putri Menara Gentala Arasy Warnai Karnaval Angsoduo

istimewa
JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Putri "Miniatur" Menara Gentala Arasy dan Keris Siginjai mewarnai Karnaval Angsoduo Kota Jambi Tahun 2018. Karnaval tersebut digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, Sabtu (6/10/2018).

Rute karnaval mulai dari Kawasan Tugu Juang Kota Jambi, Kelurahan Simpang III Sipin, Kecamatan Kotabaru dan berakhir di Depan Rumah Dinas Walikota Jambi, di Kelurahan Broni, Kecamatan Telanaipura.

Karnaval ini menampilkan berbagai seni budaya serta kearifan lokal Tanah Pilih Pseko Betuah Kota Jambi, seperti, kompangan, marcing band, reog ponorogo dan pencak silat.

Adapun jumlah peserta karnaval, mencapai ribuan orang yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan untusan dari pemerintah tingkat kelurahan dan kecamatan se Kota Jambi. Ribuan warga Jambi tumpah ruah menyaksikan acara bergengsi tersebut.

Acara itu sekaligus mem-promosi-kan seni budaya, serta hasil kerajinan warga Kota Jambi, berupa batik Jambi. Tema acara adalah " Lestarikan seni dan budaya daerah serta kearifan lokal sebagai daya tarik pariwisata Kota Jambi "

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jambi, Rindang Afrianto mengatakan, tujuan acara ini untuk melestarikan seni dan budaya Tanah Pilih Pseko Betuah Kota Jambi, serta untuk mempromosikan hasil kerajinan berupa Batik Kota Jambi.

"Ini merupakan acara puncak festival budaya yang digelar Pemkot Jambi di Taman Remaja pada Rabu 3 Oktober 2018 lalu ," ujar Rindang.

Selain ataraksi pencak silat, acara ini juga mengetengah-kan beragam pakaian adat diantaranya; pakaian adat Jawa, Palembang, Jambi dan lainnya.

Begitu juga beragam seni dan budaya ditampilkan, sehingga menambah kemeriahan karnaval tersebut.

Sementara itu, warga Kota Jambi Bahrun (32) mengatakan, karnaval tersebut menguntungkan para pedagang kaki lima dan sejumlah kios pedagang kecil di sana.

"Penonton kan banyak yang berbelanja, baik pakaian maupun makanan dan suvenir, mudah - mudahan kami pedagang dapat ketiban berkah dari acara ini," harapnya. (rizal ependi)
Diberdayakan oleh Blogger.