Polda Jambi Didesak Usut Tuntas Kasus Dugaan Kekerasan yang Menimpa Wartawan Kompas TV

Aksi unjukrasa. foto jambiterbit.com


JAMBITERBIT.COM, KOTA JAMBI - Puluhan wartawan yang tergabung dalam beberapa organisasi pers seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Aliansi Jurnalis Online Indonesia (AJOI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) menggelar aksi damai di depan Tugu Pers Jambi, Rabu (8/8/2018) petang.

Mereka mendesak Polda Jambi untuk mengusut tuntas kasus dugaan  kekerasan yang menimpa Suci Annisa (28), seorang wartawan Kompas TV liputan Jambi, oleh oknum anggota tim pengamanan Api Obor Asian Games 2018.

Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Jambi tersebut, menyebarkan lembaran kertas yang berisi pernyataan sikap; mengutuk dan mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oknum pengamanan Api Obor Asian Games 2018.

Kemudian mendukung serta akan mengawal kasus tersebut hingga tuntas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menolak penghentian kasus jika nantinya dilakukan diluar persidangan dan mendesak pihak terkait menuntaskan kasus tersebut.

Selanjutnya, mendorong dewan pers dan organisasi pers di Indonesia untuk ikut serta dalam penanganan kasus ini secara profesional.

Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Nining Antero kepada wartawan usai aksi unjukrasa mengatakan, pihaknya meminta kepada Polda Jambi untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Sementara itu, sejumlah orator dalam aksi unjukrasa tersebut juga menyatakan sikap mendukung penuh Kapolda Jambi untuk mengusut kasus tersebut hingga tutas.

Perlu diketahui, kasus  tersebut telah dilaporkan pihak Kompas TV bersama sejumlah organisasi pers di Jambi kepada pihak berwajib setelah peristiwa itu terjadi pada Sabtu 4 Agustus 2018. (red/ref) 

Para wartawan ketika menggelar aksi damai di Tugu Pers Jambi. Ins. Ketua Forum Jurnalis Perempuan Nining Antero dan wartawan Harian Kompas Irma Tambunan.  foto jambiterbit.com



Diberdayakan oleh Blogger.