Wisata Danau Kongar Tawarkan Keindahan Alam

Tempat wisata danau kongar. Foto Ist

JAMBITERBIT.COM, MUBA - Pesona alam Danau Kongar yang terletak persis diperbatasan Kabupaten Musi Banyuasin dan Pali tepatnya di Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Muba menawarkan keindahan alam yang eksotis dan menawan. Keindahannya semakin nampak terasa saat mendekati danau, suasana sejuk yang tenang sehingga memberikan kenyaman bagi siapapun yang berkunjung kesana. Bahkan sangat cocok untuk menghilangkan stres dan kepenatan dari rutinitas pekerjaan sehari-hari ,termasuk untuk liburan bersama keluarga.

Tempat wisata yang dibangun dan dikelola oleh seorang pengusaha asal Desa tersebut, Rojali ini terinspirasi mengembangkan potensi alam di Desanya semenjak Pali mekar menjadi Kabupaten. Menurut Mang Jali sapaan akrabnya sehari-hari mengaku, membangun tempat wisata yang dikelolahnya itu baru sekitar 6 bulanan, berawal dari niat untuk sebuah kolam ikan.

Menyadari potensinya ada untuk dikembangkan menjadi tempat wisata, dimana Pali sudah mekar menjadi Kabupaten, maka niat awal sebagai kolam Ia rubah peruntukannya menjadi tempat wisata alam. "Saya bangun tempat wisata ini baru Enam bulanan, awalnya hanya untuk kolam ikan, namun ketika Pali terbentuk menjadi Kabupaten, saya timbul pemikiran untuk dijadikan tempat wisata, karena saya melihat potensinya menjanjikan.

Apalagi di wilayah Pendopo Pali belum ada tempat rekreasi,"papar bapak Dua orang anak ini. Diakui Mang Jali, meski Desanya termasuk ke wilayah administrasi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), namun jarak tempuh lokasi Desanya dengan pusat ibu kota Pali saat ini jauh lebih dekat ketimbang Kota Sekayu yang merupakan ibu Kota Kabupaten Muba.

 "Walaupun Desa kami masuk Muba, namun jauh lebih dekat ke Pendopo yang jaraknya sekitar 10 kilometer. Sementara ke Sekayu harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer, akses jalan pun lebih bagus ke Pendopo. Meski demikian objek wisata yang dikolahnya bisa dinikmati dan menjadi solusi wisata bagi Dua Kabupaten karena jaraknya masih terbilang dekat. Termasuk bagi wisatawan-wisatawan dari luar yang inging menikmati destinasi dan sensasi wisata danau Kongar,"jelasnya.

 Dengan keberadaan wisata Danau Kongar yang dikolahnya secara pribadi, Mang Jali tetap mengharapkan perhatian kepada pihak pemerintah Kabupaten Muba dalam hal mempromosikan wisata Danau Kongar. “Wisata ini memang milik pribadi, namun saya sangat berharap ada perhatian dari pemerintah Muba supaya obyek wisata ini lebih dikenal. Yang terkenalkan bukan hanya desa ini saja, tapi Kabupaten Muba juga kebagian,”harapnya.

 Wisata Danau Kongar sendiri saat ini masih dalam tahap pembagunan untuk memanjakan para pengunjung. Namun demikian, Mang Jali menuturkan bahwa pihaknya sudah siap menerima dan melayani para pengujung yang ingin liburan menikmati wisata alam Danau Kongar.

"Disini (Wisata Danau Kongar) selain menyuguhkan keindahan alam, juga menawarkan fasilitas penginapan, kolam renang, banana boat, karaoke plus DJ dan untuk kulinernya ada warung lesehan. Untuk tarif masuk sekarang masih promo yakni Rp 20 ribu rupiah per orangnya, silahkan bagi masyarakat Pali dan Muba dan dari daerah lain untuk datang kesini, nikmati keindahan alamnya, kami akan berikan pelayanan terbaik, dijamin puas,"pungkas Mang Jali dengan nada promosi. (*)


Sumber Artikel : gelagatsumsel.com
Diberdayakan oleh Blogger.