Harga Kertas Naik, Biaya Foto Copy Meroket

Kertas HVS ukuran kuarto atau A4 70 gram. Foto Ist
JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Harga kertas HVS 70 gram atau dikenal dengan kertas HVS ukuran F4 (Folio) naik dari sebelumnya hanya Rp 33.000 menjadi Rp 47.500 per rim. Sedangkan ukuran kuarto menjadi Rp 45.000 per rim volume 500 lembar.

Namun masih ada sebagian toko yang menjual dengan harga Rp 47 ribu. Kondisi ini berdampak pula pada kenaikan harga jasa foto copy di sejumlah toko foto copy di Kota Jambi. Guan Foto copy di Kelurahan Talangbakung mengaku dirinya tak tahu persis penyebab kenaikan harga kertas.

Karena membeli dari agen harganya naik dari sebelumnya, maka dia menaikan juga harga jual. Dikatakan Guan, sebelumnya satu lembar foto copy hitam putih Rp. 100 hingga Rp. 150 bolak balik.

Namun saat ini dia mematok perlembar Rp. 200 tidak bolak balik. "Sejak 2018 inilah bang, kemarin harga masih normal, karena kertas masih murah", ujarnya Minggu (4/2/2018).

Hal senaga juga dikatakan beberapa pengusahan foto copy lainnya. Bahkan, mereka mengaku tak ada lagi stok lama, karena harganya telah naik, otomatis mereka menaikan juga harga jasa foto copy. (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.