Sepasang Bayi Kembar Lahir Beda Tanggal, Bagaimana Bisa Terjadi?

Jakarta - Joanne Reilly (32 tahun) terkejut saat air ketubannya pecah di usia kehamilannya yang baru 24 minggu. Tapi ada hal yang membuatnya lebih terkejut lagi. Pada proses persalinannya, satu dari dua bayi kembarnya lahir lebih dulu.

Sepasang bayi kembar beda tanggal lahir. Melansir laman mirror.co.uk, sepasang bayi kembar Joanne, Dylan dan Oscar punya tanggal lahir yang selisih dua hari. Dylan lahir tanggal 10 Januari 2019 dengan berat sekitar 500 gram lalu proses persalinan berhenti. Petugas medis berharap Joanne bisa mempertahankan bayi satunya sampai trimester akhir. Namun, ternyata tanggal 12 Januari 2019, Oscar lahir dengan berat 900 gram.

Tak Ada Banyak Keluhan selama Kehamilan

"Kehamilanku menyenangkan dan aku menikmati setiap detiknya karena segala sesuatunya berjalan lancar tanpa ngidam dan jarang mual. Seminggu sebelum air ketubanku pecah aku menjalani pindai dan segalanya baik-baik saja jadi aku sangat bingung dan panik saat air ketubanku pecah pada usia kehamilan 24 minggu 5 hari," jelas Joanne.

Ketika air ketubannya pecah, Joanne bersama pasangannya Anthony (44 tahun) langsung ke rumah sakit St. Mary's Hospital. Beberapa jam kemudian dia pun melahirkan bayi pertamanya.

"Dylan lahir pukul 04.43 dengan kondisi yang buruk dan butuh disadarkan selama 30 menit. Kami nyaris kehilangannya dan itu sangat traumatis," papar Joanne.
Kini Oscar dan Dylan Tumbuh Jadi Bayi yang Sehat

Setelah melahirkan Dylan, Joanne berusaha untuk melahirkan bayi satunya tapi setelah berjam-jam berlalu tak terjadi apa-apa. Dokter menyuruhnya untuk tirah baring total. Hingga dua hari kemudian, Oscar lahir pada pukul 10.39. Syukurlah Oscar lahir tanpa ada komplikasi kesehatan.

Setelah tiga bulan berada di ruangan NICU, sepasang bayi kembar ini bisa berada dalam satu ranjang tidur yang sama. Meski Joanne sempat khawatir bayi kembarnya itu kehilangan momen untuk menjalin kedekatan, kini Oscar dan Dylan tumbuh menjadi bayi yang sehat.

Bahkan kedua buah hatinya itu kini sangat dekat. "Jika salah satunya keluar ruangan, yang lain akan menangis. Mereka juga suka jahil satu sama lain," ujar Joanne.

sumber : fimela.com
Diberdayakan oleh Blogger.