Makna Lauk Pauk yang Menyertai Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng nasi kuning dilengkapi dengan berbagai macam lauk pauk. Lauk pauk ini pun mengandung banyak simbol penting. Lauk pauk yang paling umum dan sering ditemukan dalam hidangan nasi tumeng adalah telur rebus dan urap-urap.

Telur rebus utuh yang harus dikupas dulu untuk memakannya, hal ini bisa melambangkan pentingnya etos kerja dan perlunya perencanaan yang matang atas setiap tindakan yang kita lakukan. Bahan-bahan yang digunakan dalam sayur urap pun melambangkan sejumlah hal yang penting, seperti kacang panjang yang melambangkan pemikiran yang jauh ke depan, taoge yang melambangkan proses untuk terus tumbuh, dan sebagainya.

Bahkan cabai merah yang dibuat jadi kelopak bunga pun bukan hanya hiasan semata, tapi juga melambangkan penerangan yang bisa memberi banyak manfaat untuk orang lain. Lauk ikan teri juga bisa jadi simbol kerukunan dan kebersamaan. Jika didalami lebih jauh, setiap jenis lauk bisa memiliki nilai-nilai luhur yang mengandung banyak kebaikan.

Nilai-nilai luhur dalam setiap sajian atau hidangan yang ada dalam tradisi masyarakat senantiasa menyertai doa-doa dan harapan terbaik kita semua. Selalu ada hal menarik yang bisa kita pelajari dari tradisi di sekitar kita.

sumber : fimela.com
Diberdayakan oleh Blogger.