Polisi, TNI dan Pemda Jambi Duduk Bersama Bahas Karhutla


JAMBI - Komandan Korem 042 Garuda Putih (Gapu) Jambi, Brigjen TNI Zulkifli dan Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi menggelar rapat pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) memasuki musim kemarau tahun ini.

Rapat tersebut bertempat di Markas Korem (Makorem) 042 Gapu Jambi, Senin (20/7/20). Dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terlihat Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah dan elemen terkait lainnya dari kabupaten kota dalam Provinsi Jambi.

Danrem 042 Gapu Jambi Brigjen TNI Zulkifli mengatakan, rapat tersebut membahasa tentang pencehagan dan penanggulangan karhutla. Nantinya akan disusun rencana kerja serta dukungan ketersediaan anggaran serta kesiapan personil dan peralatan.

“Ini dibutuhkan kesiapan dalam mencegah terjadinya karhutla, saat ini Jambi dalam status siaga karhutla,” ujar Danrem.

Seperti diketahui, sebelumnya, awal Juli 2020 lalu, Pangdam II Sriwijaya Jendral TNI Irwan telah ke Jambi guna melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Jambi terkait pencegahan karhutla ini.

Pangdam bersama Gubernur Jambi Fahcrori Umar kemudian meninjau kawasan rawan karhutla di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar), Provinsi Jambi.

Makanya pada rapat kali ini dihadirkan Kepala Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabar yang diwakilkan kepada Wakil Bupati Tanjabar, Amir Sakip.

Wakil Bupati Tanjabar Amir Sakip pada kesempatan itu mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna menganggulangi karhutla di Tanjabar.

“Kita terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang larangan membuka kawasan hutan untuk kebun dengan cara dibakar,” ujar Amir Sakip.

Upaya lain menurut Amir Sakip, pihaknya melakukan pemantauan perkembangan titik api (hotspot) dan patroli siaga dengan mengerahkan petugas dari BPBD Tanjabar.

Pemkab Tanjabar juga telah membentuk Satuan Tim Reaksi Cepat (TRC) dengan anggota 54 orang terbagi dalam tiga regu.

Dalam melaksanakan kesiapsiagaan, Satgas TRC melakukan piket 1×24 jam bertempat di markas komando dan pos laut, demikian Amir Sakip. (ref)
Diberdayakan oleh Blogger.