Work From Home Gara-Gara Pandemi Virus Corona COVID-19, Ini Cara Jaga Kesehatan Punggung


JAKARTA - Status work from home (WFH) menjadi pilihan sebagian besar pekerja di Indonesia. Pandemi virus corona penyebab COVID-19 menjadi alasan utama yang membuat seluruh pekerjaan harus dilakukan di tempat tinggal.

Pada masa-masa awal bekerja dan belajar dari rumah, mungkin Anda akan merasa santai dan senang. Namun seiring waktu, Anda bakal merasa bosan terutama ketika tubuh terasa semakin lelah.
Baca Juga
 
 
Tidak adanya tempat kerja khusus membuat Anda melakukannya pada sembarang tempat. Mulai dari di meja makan hingga kasur, Anda bakal mencari lokasi kerja yang paling nyaman.

Walau begitu, tentu saja ketiadaan kondisi kerja yang nyaman bisa membuatmu mungkin mengalami masalah terutama ketika bekerja dalam waktu lama di kasur. Punggungmu bakal mengalami masalah ketika kamu melakukannya.

Guna menjaga kesehatan sambil tetap bekerja dengan produktif, terdapat sejumlah hal yang bisa Anda lakukan. Dilansir dari The Health Site, berikut cara agar Anda tetap sehat ketika bekerja dari rumah.
2 dari 3 halaman

Tidur Teratur

Tidur Teratur
Tidur merupakan cara termudah untuk menjaga kekebalan tubuh. Pada saat wabah infeksi virus seperti sekarang, tidur secara teratur semakin penting untuk dilakukan. Tidur cukup juga merupakan cara yang tetap untuk menghilangkan sakit di punggung.

Duduk dalam Posisi Tepat

Hindari duduk di atas kasur ketika Anda bekerja. Jika terpakasa, sebaiknya lakukan sambil bersandar di dinding atau hal lainnya. Gunakan juga bantalan antara punggung dengan sandaran.

Lakukan Peregangan

Jangan terus duduk dalam waktu lama. Usahakan berdiri dan bergerak secara teratur. Sedikit berjalan serta peregangan bisa membantu menghilangkan sakit punggung saat bekerja di rumah.
3 dari 3 halaman

Lakukan Pijatan

Pakai Es
Gunakan icepack yang dibungkus handuk dan kompres pada bagian terdampak. Hal ini bisa menghilangkan peradangan. Anda juga bisa menggantinya dengan heating pad untuk meredakan nyeri otot ini.

Lakukan Pijatan
Anda bisa meminta tolong pasangan atau orang di rumah membantu memijat punggung. Penelitian membuktikan pijatan lembut bisa meringankan sakit di punggung bagian bawah melalui cara meringankan otot dan saraf.

Sejumlah cara tersebut bisa meredakan sakit punggung yang Anda alami akibat bekerja di rumah. Guna mencegah masalah ini, pastikan menggunakan meja dan kursi yang tepat ketika bekerja dari rumah.

Sumber : The Health Site
Disadur dari : Merdeka.com
Penulis : Rizky Wahyu Permana (27/3/2020)
Diberdayakan oleh Blogger.