Sosialisasikan Cara Pemakaian Tekuluk, Dekranasda Gelar Lomba Video Tutorial

 
JAMBITERBIT.COM, JAMBI  – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Bank Jambi, dan para pihak terkait terus berupaya melestarikan Tekuluk Jambi, kain penutup kepala yang terbuat dari Batik Jambi yang digunakan perempuan. Dalam berbagai event, Dekranasda mengadakan acara, baik promosi maupun cara penggunaan tekuluk, semuanya ditujukan untuk melestarikan dan mempromosikan Tekuluk Jambi.

Kali ini, dalam rangka peringatan ulang tahun ke-63 Provinsi Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi kembali mengadadakan upaya pelestarian dan promosi Tekuluk Jambi, yakni melalui Lomba Video Tutorial Pemasangan Tekuluk Penutup Kepala Warisan Leluhur dari Jambi, di Pendopo dekat Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Jumat (10/1) sore. Lomba video turotial ini dibuka oleh Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj. Iin Kurniasih Sudirman, mewakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori.

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj. Iin Kurniasih Sudirman mengatakan, lomba video tutorial ini untuk memudahkan pemakaian tekuluk, dan semuanya (98 motif tekuluk)  akan dibagikan melalui media sosial dan youtube.

Ketua Panitia, Rima Devyanti Johansyah menyampaikan, lomba ini untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan tekuluk sebagai warisan budaya Provinsi Jambi, dan pembelajaran dalam mengenakan tekuluk.

Rima Devyanti Johansyah menyatakan, peserta lomba video tutorial 80 orang, yakni dari OPD, organisasi wanita, siswa dan mahasiswi, dan dari peserta tersebut sudah dipilih 6 orang finalis. Namun, selain itu juga dilombakan kategori umum.

Dewan juri dalam lomba ini terdiri dari tiga orang, yakni: Iin Kurniasih Sudirman dari Dekranasda, Leni (pakar Tekuluk Jambi), dan Holidah (dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi).

Pada kesempatan tersebut dilombakan juga pemakaian tekuluk kategori umum serta kategori pelajar dan mahasiswa.

Penulis : Mustar
Foto      : Novriansyah
Diberdayakan oleh Blogger.