Amankan Perayaan Natal, 250 Pemuda Muslim Maluku Ikut Jaga Gereja

ist
JAMBITERBIT.COM, MALUKU - Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) menerjunkan sekitar 250 anggotanya di sejumlah gereja di wilayah DKI Jakarta. Langkah tersebut dilakukan FPMM guna mengamankan malam Natal dari ancaman Kamtibmas. FPMM mengamankan sejumlah gereja sejak Selasa (24/12/2019) lalu.

"Kegiatan pengamanan Natal sudah menjadi agenda rutin DPP FPMM sejak beberapa tahun terakhir ini dan sudah jadi agenda rutin kegiatan organisasi setiap tahun sebagai tindakan toleransi antar umat beragama di Indonesia," kata Ketua Bidang Organisasi DPP FPMM, Badri Tubaka kepada wartawan di Gereja Katedral Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Didampingi Ketua DPW FPMM DKI Jakarta, Safri Ayuba dan Ketua DPD FPMM Jakarta Pusat  Taib Nasela Tubaka mengungkapkan, kegiatan pengamanan malam Natal ini sudah dilakukan pihaknya sejak tahun 2011 saat pertama kali diinisiasi oleh Ketua Umum FPMM, Umar Ohoitenan SH atau Umar Key.

"Bang Umar yang pertama kali menginisiasi agar kami bisa ikut berpartisipasi dalam pengamanan malam Natal dan malam Tahun Baru, dan menjadikannya sebagai salah satu agenda tahunan organisasi," ungkapnya.

Dikatakan, pengamanan tersebut tidak lain untuk menjaga ancaman kamtibmas di gereja yang ada di Jakarta. Oleh karena itu pihaknya sangat peduli dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Karena semua warga harus mendapat perlindungan dari ancaman tindakan kriminal, agar terciptanya rasa aman saat beribadah.

Lebih lanjut Badri mengatakan, pengamanan gereja yang dilakukan juga sebagai upaya menjaga keberagaman Indonesia agar tetap utuh. Sebab, jika ada tindakan anarkis dari sejumlah orang, maka itu adalah ancaman terhadap Indonesia dan keberagaman di negara ini.

"Kami siap lahir batin menjaga agar negara ini tetap aman dan damai pada perayaan natal dan tahun baru ini," ungkapnya.

Menurut Badri, sebenarnya tidak ada permintaan secara khusus kepada FPMM untuk terlibat dalam penhamanan ini, baik dari kepolisian maupun pihak gereja. "Tapi ini partisipasi kami untuk membantu dan  ikut menjagabeberapa gereja di Jakarta mulai pukul 19.00 sampai acara ibadah natal selesai," tambah dia.

Selain penjagaan pada malam misa Natal, lanjut Badri, pihaknya juga akan melakukan pengamanan pada malam pergantian tahun nanti. Sehingga dengan demikian dapat tercipta rasa aman. "Ini kami lakukan agar saudara kita yang mengadakan ibadah malam Natal dan malam pergantian tahun bisa merasa aman," tutupnya.

Sementara itu Ketua DPW FPMM DKI Jakarta, Safri Ayuba mengungkapkan,Selain ikut melakukan pengamanan malam Natal, FPMM juga menyebar ratusan spanduk ucapan Natal dan Tahun Baru yang tersebar di lima wilayah DKI. "Ada sekitar kurang lebih 130 spanduk yang kita sebar, satu daerah administrasi sekitar 25 sampai 26 spanduk," katanya. (harianterbit/safari)

sumber : harianterbit.com
Diberdayakan oleh Blogger.