Terkait Pelantikan Pejabat, BKD Jambi Didemo

Aksi unjukrasa di Kantor BKD Provinsi Jambi. Foto Ist

JAMBITERBIT.COM, JAMBI - Puluhan warga Jambi yang tergabung dalam Dewan Pengurus HAM Jambi menggelar aksi unjukrasa di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Senin (5/2/2018).

Pendemo menuntut Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli untuk melakukan peninjauan kembali surat keputusan (SK) pelantikan 392 pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. Sebab usai pelantikan di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Jumat (2/2/2018), berhembus kabar tak sedap menerpa kepala BKD Provinsi Jambi, Husairi.

Namun, dalam orasinya tak disebutkan secara gamblang yang menjadi pemicu demonstrasi itu. Dalam spanduk yang ditulis pendemo, pihak berkompeten didesak untuk mencopot jabatan Husairi karena mereka menilai sang kepala BKD diduga belum bekerja secara profesional terkait pelantikan tersebut.
Spanduk. Foto Ist

Perlu diketahui, pelantikan pejabat tersebut dilakukan pada hari yang sama dengan peryataan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI yang menetapkan Gubernur Jambi menjadi tersangka dalam kasus dugaan melakukan gratifikasi dengan menerima sejumlah fee proyek dari PUPR Provinsi Jambi.

Pelantikan itu juga dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang sekaligus sebagai Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi H. Fahcrori Umar sebelumnya telah meminta kepada pihak terkait untuk melakukan penundaan pelantikan. Bahkan sebelum dilantik, Jumat (2/2/2018) Fahcrori telah menegaskan agar para pejabat hendaknya jangan dilantik dulu. (ref/dar)
Diberdayakan oleh Blogger.